Rabu, 07 November 2018

PERBEDAAN MAKANAN, SUPLEMEN, OBAT DAN KEFIR




Makanan:

Makanan adalah substansi/materi yang perlu dikonsumsi setiap hari agar tubuh kita berfungsi dengan baik. Walau secara umum ada patokan kebutuhan gizi dan nutrisi untuk tubuh yang dinyatakan dalam AKG (Angka Kecukupan Gizi), namun kebutuhan setiap orang bisa sangat spesifik. Disamping faktor genetik, pola hidup dan aktivitas seseorang sangat menentukan AKGnya. Ciri dan syarat utama makanan adalah memenuhi kriteria organoleptik (sederhananya : Enak)


Suplemen:

Suplemen adalah substansi/materi berupa makanan pelengkap yang diperlukan sewaktu-waktu karena makanan yang dikonsumsi sehari-hari kurang mengandung gizi/ nutrisi tertentu. Suplemen umumnya tidak memenuhi kriteria organoleptik. Bisa berbentuk tablet, kapsul, cairan dsb.


Obat:

Obat adalah substansi/materi yang diperlukan dalam keadaan darurat, untuk mengatasi kondisi luar biasa atau gangguan yang dihadapi oleh tubuh. Obat tidak untuk dikonsumsi secara rutin. Bila keadaan darurat berlalu (sembuh), maka konsumsi obat dihentikan. Umumnya obat adalah racun yang dikendalikan dosisnya, sehingga hampir selalu memiliki efek samping yang merugikan.


Kefir:

Walaupun Kefir dapat berfungsi sebagai Suplemen maupun Obat, tetapi pada hakekatnya Kefir adalah Makanan. Bahkan merupakan "makanan yang paling menyehatkan" di dunia.



Oleh Suyadi Ismail pada 25 November 2014 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar