Rabu, 31 Oktober 2018

KEFIR GRAIN




Ini adalah biang atau indukan yang digunakan untuk mengawetkan susu dan meningkatkan kualitasnya melalui metode fermentasi . Sehingga susu yang tadinya memiliki daya tahan simpan pendek , dimungkinkan untuk dapat disimpan dalam waktu lebih lama .

Kefir grain dan kefir susu yang kelak dihasilkan itu bukan obat , tapi asam amino essential yang terkandung didalamnya dapat memberikan nutrisi yang cukup bagi probiotik di saluran cerna kita , sehingga probiotik didalam sistem metabolisme dan didalam tubuh dapat bekerja optimal untuk mensupply kebutuhan sub sistem tubuh lainnya , membangun anti-body yang lebih baik , mencegah dan menghalau parasit , dll.

Sebagian orang ada yang mengatakan , mengapa langsung ke kefir ? Mengapa tidak ke kombucha dahulu ? Atau ke algae water dahulu ? Bukankah keduanya juga memiliki kandungan probiotik yang baik ?

Pernyataan ini benar , kombucha dan algae water pun sangat baik untuk dikonsumsi , bila bisa mengolah dan menggunakannya dengan benar . Berbeda dengan kefir susu yang dapat dikonsumsi secara langsung setelah selesai fermentasi . Untuk kombucha dan algae water perlu perlakuan khusus setelah selesai dilakukan fermentasi yaitu dengan melakukan fermentasi kedua bersama dengan buah atau bahan lain yang sesuai dengan kebutuhan tubuhnya , sehingga hasil yang didapat bisa optimal .

Kenapa tidak bisa dikonsumsi langsung ? Karena meskipun jumlah probiotik didalamnya cukup , namun kandungan nutrisi didalamnya masih belum cukup untuk mensupply kebutuhan didalam tubuh . Bagaimana dengan coconut water ? Coconut water yang difermentasi dengan menggunakan algae kristal pun sangat baik , dan ini dapat dikonsumsi langsung dalam jumlah terbatas , mengingat kandungan mineral didalamnya cukup tinggi .

Lalu bagaimana dengan yogurt dan makanan fermentasi lainnya seperti kimchi , sauerkraut , dll ? Apakah baik juga ?

Seperti yang sudah disampaikan diatas bahwa metode fermentasi adalah metode yang dilakukan untuk mengawetkan makanan dan meningkatkan kualitasnya . Jadi yogurt dan makanan fermentasi lain pun sangat baik bila bisa dikonsumsi . Asalkan sesuai dengan porsi konsumsi harian kita .

Bagaimana kita tau porsi konsumsi harian kita ? Sebaiknya konsultasikan dahulu dengan dokter atau ahli nutrisi agar didapat gambaran akan kebutuhan konsumsi harian kita . Misalkan bagi sebagian orang yang alergi casein dapat mengolah kefir yang berbahan dasar susu nabati seperti susu almond , dll. Demikian juga dengan yang alergi terhadap histamin . Dapat mengolah kefir susu dengan menambahkan bahan tertentu seperti buah"an yang mengandung polifenol tinggi untuk dapat menekan kandungan histamin ini .

Jadi tidak perlu berdebat atau menyalahkan asumsi seseorang . Karena didalam fermentasi yang (apalagi anda belum pernah lihat bentuk mikroflora didalamnya lalu perkembangannya seperti apa dan bagaimana caranya memecah diri , lalu apa yang dihasilkan oleh pergerakannya , hanya mendengar kata si A, si B, dll) diperlukan adalah nutrisi dan kandungan didalam materi bahan terfermentasi tersebut .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar